images

Peserta Kirab Batik Khas Gresik dari Dinas perhubungan

Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik Turut Serta Dalam Kirab Batik Khas Gresik

Minggu 14 Oktober 2018, Ratusan orang dari berbagai kalangan usia lenggak-lenggok menampilkan busana batik khas Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan langkah Pemkab Gresik untuk mengenalkan kekayaan batik lokal.

Rata-rata para peserta menampilkan Batik Pamiluto. Selain itu, ada Batik Gajah mungkur, Bandeng serta Batik motif damar kurung. Setelah fashion show, para peserta yang terdiri dari berbagai kalangan mulai perwakilan OPD, pelajar dan masyarakat umum melakukan kirab dengan memakai batik lokal Gresik.

Tidak ketinggalan, Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik juga turut serta dengan mengirimkan Pegawai untuk mengikuti dan memeriahkan Kegiatan Kirab Batik Khas Gresik tersebut.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik, Maria Ulfah Sambari mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan batik lokal ke masyarakat. Sehingga kata dia, batik sebagai warisan budaya tidak ditinggalkan masyarakat. Beliau juga berharap fashion show batik khas Gresik ini dapat dilaksanakan kembali di tahun depan. "Kegiatan ini Juga bagian dari sebuah menggerakkan ekonomi kreatif di bidang fashion batik," katanya usai memberikan tropi kepada peserta lomba di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Minggu (14/10/2018). 

Selain mengenalkan batik lewat fashion show, Pemerintah Kabupaten Gresik juga menggagas kampung batik yakni kampung berisikan pengrajin serta pelaku usaha yang bergerak dalam bidang batik. Untuk sementara kampung batik itu berada di Desa Cerme Lor, Kecamatan Cerme karena Di sana banyak perajin batik, seteleh Cerme Lor ke depan Desa Sawo, Kecamatan Dukun akan dijadikan kampung batik . "Semoga pelaku usaha batik di Gresik semakin bergeliat,".


TAG

Tinggalkan Komentar